PROGRAM RUTILAHU MENUJU RUMAH LAYAK HUNI

Keadaan Rumah Tidak Layak Huni

Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU)

Salah satu program Praktek Lapangan 3 yang dilaksanakan oleh Nindya Praja IPDN di Desa Danasari Kec.Pemalang Kab.Pemalang pada  tanggal 27 Maret – 16 April 2019 adalah Program Bhakti Sosial Praja dalam bentuk RUTILAHU. RUTILAHU adalah program perbaikan rumah tidak layak huni milik masyarakat kurang mampu. RUTILAHU ini dilakukan untuk membantu keluarga kurang mampu agar mereka dapat tinggal di rumah yang layak.

Pada Praktek Lapangan 3 kali ini praja berkesempatan melakukan perbaikan pada rumah Bapak Slamet Satari yang berada di Desa Danasari Rt.08 Rw.04 Kec.Pemalang. Masalah yang sering dihadapi dalam melaksanakan RUTILAHU yaitu terkendala status kepemilikan tanah sehingga banyak rumah tidak layak huni yang tidak dapat diperbaiki melalui program bantuan rumah tidak layak huni (RUTILAHU). Keterbatasan anggaran juga mengakibatkan perbaikan RUTILAHU tidak dapat berlangsung menyeluruh.

Namun, kegiatan RUTILAHU ini mendapat bantuan dari berbagai pihak yaitu dari IPDN, kepala desa dan pemerintah. Namun kendala yang dihadapi adalah kurangnya pekerja yang ikut membangun rumah sehingga walaupun sudah dibantu oleh banyak praja tetap saja RUTILAHU berjalan lambat. Kendala lain yaitu program RUTILAHU ini biasanya hanya semi permanen namun dikarenakan banyak hal dan lainnya jadi RUTILAHU ini dibangun permanen. Hal ini membuat pembangunan lama dan membutuhkan tenaga lebih.

RUTILAHU dilakukan dengan melibatkan banyak praja dan harus mendatangkan praja dari desa lain agar pembangunan cepat selesai. Seharusnya pekerja yang didatangkan untuk membangun lebih banyak melihat kondisi RUTILAHU yang membangun rumah permanen. Kurangnya perhatian tersebut agar dapat menjadi evaluasi dalam program RUTILAHU yang akan dilakukan Desa Danasari di masa mendatang. Mengingat yang punya rumah harus tidur diluar rumah dengan membangun tenda sementara.

Rumah Sebelum di bangun

Posted by: Admin PL III IPDN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *